NAMA : EKO.HARIYANTO

KELAS : 1IC01

NPM : 22412429

http://studentsite.gunadarma.ac.id

http://www.gunadarma.ac.id/

Kamis, 27 Desember 2012

kunjungan ke monumen nasional Jakarta



TUGAS ILMU SOSIAL DASAR











KUNJUNGAN KE MUSIUM MONUMEN NSIONAL JAKARTA

TEMA : G30 S/PKI
NAMA : EKO.HARIYANTO
KELAS : 1ICO1
NPM : 22412429
JURUSAN : TEKNIK MESIN








SEJARAH SINGKAT MONUMEN NASIONAL









Monas atau Monumen Nasional merupakan icon kota Jakarta. Terletak di pusatkota Jakarta, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961.
Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. Keseluruan bangunan Monas dirancang oleh para Arsitek Indonesia yaitu Soedarsono,Frederich Silaban dan Ir.Rooseno. pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno. Dan mulai dibuka untuk umumsejak tanggal 12 Juli 1975.
Sedangkan wilayah taman hutan kota di sekitar monas dahulu dikenal dengan nama lapangan Gambir. Kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi lapangan Ikada, lapangan Merdeka, lapangan Monas dan kemnudian menjadi taman Monas.






HARI KESAKTIAN PANCASILA,1 OKTOBER 1965








Pancasila merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang telah berkali – kali mengalami percobaan,di uji kebenaran,keampuhan   dan kesaktianya.Pada tanggal 1 oktober 1965, G30 S/PKI melancarkan pembrontakan dan penghianatan dan membunuh pimpinan TNI-AD, kemudian merebut kekuasaan Negara. Keberhasilan ABRI dan rakyat yang berjiwa pancasila dibawah pimpinan Mayor Jendral Soeharto menggagalkan dan menumpas kudeta G30 S/PKI merupakan kemenangan pancasila.Pada tanggal 4 oktober 1965, Mayor Jendral Soeharto memimpin pengangkatan jenazah parapahlawan dari sumur di lobangbuaya.
 






AKSI – AKSI TRI TUNTUTAN RAKYAT, 1966





Sejak kudeta.Berdara G30 S/PKI berhasil dan digagalkan dan ditumpas dalam waktu singkat, Pemerintah Orde lama menjadi goyah karena menghadapi kerisis politik dan ekonomi yang semakin parah.Mahasiswa yang tergabungdalamKesatuanAksiMahasiswa Indonesia yang di sokong oleh segenap kekuatan Pancasila di dalam ABRI, partai-partai politik dan organisasi-
organusasi masa mengadakan demonstrasi tanggal 11 Januari 1966 – 11 maret 1966 dengan mengajukan TRI TUNTUTAN RAKYAT.



SURAT PERINTAH 11 MARET 1966

 





Kerisis yang menggoncangkan sandi-sandi Negara dan kudeta G30 S/PKI di gagalkan menyebabkan Pemerintah kehilangan kepercayaan rakyat.Presiden Soekarno memberikan surat perintah kepada Letjen Soeharto untuk memulihkan kewibawaan Pemerintah dan keamanan Nasional Letjen Soeharto dengan cepat melaksanakan surat perintah 11 Maret 1966 dengan memenuhi dua diantara Tri Tuntutan Rakyat, yakni membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membersihkan Mentri-Mentri yang ada Indikasi terlibat G30 S/PKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar